Permainan Tradisional

makan kerupuk

Di Grafika Cikole terdapat beberapa permainan tradisional Indonesia sebagai kegiatan outbound. Indonesia memiliki begitu banyak permainan tradisional dimana sebagian besar diselenggarakan dalam acara memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Aneka permainan tradisional Indonesia selain menggunakan peralatan yang mudah dan murah didapat, juga menggambarkan kebersamaan dan keceriaan.

lomba tradisional all makan kerupuk

 

Beberapa permainan tradisional Indonesia yang masuk dalam daftar paket outbound di Grafika Cikole antara lain :

  • Gebuk Bantal yaitu sepasang peserta duduk berhadapan di atas batang bambu berukuran besar dimana bambu tersebut diletakkan di atas kolam air. Cara permainannya adalah antara peserta saling memukul menggunakan bantal. Peserta yang jatuh ke air adalah yang kalah. Tingkat kesulitannya adalah dimana bantal yang digunakan untuk memukul menjadi berat diangkat karena menyerap air. Kesulitan lainnya adalah duduk bertahan di atas bambu karena bentuk bambu yang bulat. Permainan tradisional ini biasanya diselenggarakan di atas sungai.
  • Lomba makan kerupuk biasanya untuk anak-anak. Kerupuk diikat pada tali lalu digantung. Para peserta harus memakan kerupuk dengan syarat bahwa kerupuk tidak boleh dipegang dengan tangan.

 

  • Balap kelereng yaitu sebutir kelereng diletakkan pada sendok lalu peserta harus berlomba dengan peserta lain untuk membawa sendok berisi kelereng sampai ke garis finish. Bentuk kelereng yang bulat tentunya akan bergerak-gerak pada permukaan sendok. Bagi peserta yang kelerengnya jatuh harus meletakkan kembali kelereng pada sendok.
  • Memasukkan paku ke dalam botol. Peserta berlari ke tempat yang sudah ditentukan lalu memasukkan paku ke dalam botol. Uniknya, paku diikat pada pinggang peserta dan digantung di bagian belakang. Untuk memasukkan paku ke dalam mulut botol yang kecil maka peserta harus sedikit berjongkok, ditambah kesulitan karena paku bergoyang-goyang pada tali.
  • Balap karung merupakan permainan tradisional Indonesia yang paling khas menggambarkan serunya kebersamaan. Ciri khas balap karung adalah jarung yang digunakan menggunakan karung goni. Tetapi karena saat ini karung goni sudah sangat sulit ditemukan, maka karung goni diganti dengan sarung atau kantung platik besar.
  • Lomba tangkap belut. Mahluk licin biasa hidup di area berlumpur. Pada lomba tangkap belut yang ada di Grafika Cikole, belut diletakkan pada kolam air jernih. Belut-belut mudah sekali terlihat sedang berenang tetapi sulit ditangkap karena tubuhnya yang licin. Untuk memindahkan belut yang sudah ditangkap ke dalam jerigen maka diperlukan teknik khusus yaitu dengan cara menggenggam belut layaknya memegang kepala ikan lele.

permainan tradisional

Aneka permainan tradisional Indonesia ini ada dalam paket game outbound dengan peserta minimal 20 orang.